Tingkat Pendidikan di Indonesia

Hak Mendapat Pendidikan yang Layak

 

Indonesia termasuk negara yang tingkat pendidikannya  cukup rendah di dunia. Walaupun Pemuda Pemudi Indonesia sering mewakili Indonesia dalam ajang-ajang atau kompetisi bergengsi yaitu tingkat Internasional seperti Olympiade SAINS,Internasional Debate dan berbagai kompetisi lainnya dan Indonesiapun sering membawa kemenangan, tetapi hal itu tidak dapat menutupi kekurangan dalam kualitas pendidikan di Indonesia. Persebaran pendidikan yang tidak meratalah yang menyebabkan Indonesia masih tergolong negara yang tingkat pendidikannya rendah. Sebagai contoh, mayoritas anak-anak yang tinggal serta bersekolah di daerah perkotaan tingkat pendidikannya lebih baik daripada anak-anak yang tinggal dan bersekolah di daerah terpencil. Bisa dikatakan pendidikan anak yang berada di perkotaan lebih maju daripada pendidikan di daerah terpencil. Memang kita tidak dapat mengatakan bahwa anak-anak yang tinggal di daerah terpencil tidak mempunyai kemungkinan untuk berprestasi, banyak juga anak-anak dari daerah terpencil yang berprestasi dan berbakat. Tetapi, sayangnya perbandingan antara jumlah anak-anak yang berprestasi yang berada di daerah perkotaan tetap lebih besar dibandingkan dengan jumlah anak-anak berprestasi di daerah terpencil.

Pendidikan di Perkotaan

 

Pendidikan di daerah Terpencil

 

 

 

 

 

 

Tidak bermaksud menyalahkan siapapun bahkan pemerintah sekalipun, hanya untuk memberikan suatu perhatian agar kita semua baik itu dari pihak pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia agar meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap anak-anak yang bersekolah di daerah terpencil dalam memberikan pendidikan yang layak serta merata seperti layaknya anak-anak yang bersekolah di daerah perkotaan.

Pasal 28C  yang berbunyi “ Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya , berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan tekhnologi , seni dan budaya , demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kejahteraan umat manusia”.

Setiap manusia pasti mempunyai hasrat untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan mereka. Ingin mendapatkan kesejahteraan hidup dan meningkatkan kualitas hidupnya. Tentu semua itu, tidak akan terwujud tanpa ditunjang dengan keadaan ekonomi yang baik. Untuk mendapatkan itu, manusia perlu bekerja, sedangkan untuk dapat memperoleh pekerjaan manusia tersebut harus mempunyai latar belakang pendidikan yang baik. Nah, itu lah yang menjadi permasalahan yang terus menerus berkepanjangan di negeri kita ini. Tingkat pendidikan yang rendah memberikan dampak juga terhadap kualitas hidup dan kesejahteraan hidup manusia. Itulah sebabnya, banyak masyarakat Indonesia yang mengalami pengangguran, kemiskinan yang terus melanda, dan anak-anak terlantar yang putus sekolah akibat faktor ekonomi. Nah, sekarang kita berhak bertanya ” Dimanakah peran pemerintah dalam mengatasi ini semua?” Mungkin karena progres-progres pemerintah serta usaha-usaha yang dilakukan pemerintah selama ini kurang maksimal.

Maka dari itu, bagi anak-anak yang merasa kurang  mendapatkan pendidikan  yang layak, mereka berhak menuntut kepada pihak-pihak yang memang berkewajiban dalam bidang ini. Karena, sesuai dengan UUD 45, setiap orang berhak mendapat pendidikan dan kehidupan yang layak.

Dengan kesadaran dan kepedulian bersama baik itu terutama dari pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia akan memperbaiki serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri, serta akan membawa perubahan pada kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: